Wednesday, November 18, 2015

3 masalah motor mati/ mogok



Busi Kotor atau Aus




Tes pengapian busi, carannya dengan meletakkan busi kemudian start kendaraan bermotor anda, jika memang bunga apinya sudah mulai normal berarti itu tandanya sudah cukup baik pada saat pembersihan. Selain semua cara itu, sebaiknya anda juga memeriksa kabel busi kendaraan bermotor anda. apabila kabel busi sudah terlalu lama tidak diganti maka akan menyebabkan kurangnya hantaran listrik pada busi dan itu bisa menyebabkan kemacetan pada kendaraan bermotor anda.
beberapa langkah yang bisa dilakukan jika busi anda kotor, yang pertama anda harus menyediakan kunci busi lalu buka busi yang ada di kendaraan bermotor anda. siapkan sikat kawat serta bensin, jangan sekali-kali membersihkan dengan ameplas di elektroda busi karena itu akan menyebabkan busi cepat sekali rusak
Kondisi busi yang bermasalah merupakan penyebab paling sering dari mogoknya sepeda motor. Hal ini terjadi karena komponen logam di dalam busi tidak sensitif lagi untuk mengubah arus listrik menjadi titik api. Akibatnya mesin susah dinyalakan, mesin mati mendadak, atau mesin mengeluarkan suara brebet. Untuk mengatasinya, lepas busi dari dudukan dan bersihkan memakai kain lap apabila kondisinya tampak kotor. Sedangkan jika busi tersebut terlihat aus dan menghitam, segera gantilah dengan busi yang baru.






Koil Loyo





Koil adalah salah part yang bekerja di jurusan pengapian motor yang tugasnya menyalurkan tinggi redahnya tegangan yang bersaal dari spull dan aki menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan.bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak,standar tahanan kumparan primer ( Konektor dengan kabel warna hitam/kuning ) 0,4 – 0,6 ohm pada suhu 20 C dan tahanan kumparan sekunder adalah 14,5 – 22,5 ohm pada suhu 20 C .

Ciri-ciri koil lemah

-Bunga api busi merah, warna loncatan api biru yang menandakan koil bekerja maksimal
-Percika api busi pendek, sehingga busi selalu ingin di rapatkan
-Busi sering mati atau boros busi padahal tidak ada kerusakan lain terdeteksi seperti mesin ngebul dan banjir
-Mesing brebet di putaran tinggi
-Mesin sulit di hidupkan







CDI Bermasalah





Gejala ini memang secara umum mirip ketika kehabisan bensin,busi hampir mati, CDI hampir mati, atau karburettor kotor. Namun bila bensin habis atau karbu kotorbiasanya kalau dimatiin tetepsajanyendal-nyendal,sementara kalau CDI mau mati, biasanya rangkaian elektroniknya sudah tidakbertahan lama dialiri arus listrik, makanya ketika dinyalain mak jreng hidup beberapa saat kemudian akan nyendal-nyendal









No comments:

Post a Comment